-->
× Penting!
Blog ini sedang dalam pemindahan Data ke CMS Lain, Guna meningkatan Pengalaman Membaca yang lebih menyenangkan.
Mohon Maaf Jika Terjadi Error Seketika, Terimakasih!^_^

Pencarian

Ad Unit (Iklan) BIG

RajaBackLink.com

Apakah Indonesia Herd Immunity? Ini kata Jubir Pemerintah tentang Covid-19!

Apa Itu Herd Immunity?


Gambaran tentang Herd Immunity

Herd Immunity - Dalam masa pandemi Covid-19 ini Pemerintah Indonesia sedang berupaya menstabilkan perekonomian Indonesia dengan cara PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Disusul dengan keputusan terbaru bahwa Indonesia akan menerapkan aturan New Normal.

Keputusan ini mendapat beragam tanggapan dari masyarakat. Di Media Sosial, beredar informasi yang menyebut bahwa pemerintah menerapkan Herd Immunity.

Jadi apa itu Herd Immunity?


Herd Immunity adalah kondisi ketika sebagian besar kelompok atau populasi manusia kebal terhadap suatu penyakit karena sudah pernah terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut.

Banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa Indonesia akan menerapkan Herd Immunity. Seperti contoh salah satu postingan di Media Sosial yg beredar,

indonesia tidak herd immunity
Indonesia tidak akan terapkan Herd Immunity!

Dalam postingan tersebut membahas tentang Herd Immunity,
SELEKSI ALAM AKAN MULAI BERJALAN DI INDONESIA #Dibaca dengan baik pelajaran sekaligus info bagi seluruh rakyat Indonesia
Herd Immunity adalah cara yang paling sadis menurut saya karena didalam sistem kehidupan seperti itu akan memakan banyak korban jiwa, kok bisa Herd Immunity banyak korban? Karena kita mau tidak mau harus memiliki imun tubuh yang kuat, jika tidak? Yasudah kalian di shutdown dari bumi.

Ketika pandemik flu 1918 atau familiar disebut flu Spanyol, dunia pernah dengan terpaksa menjalani langkah alami membentuk herd immunity.

Penyakit ini dipicu oleh Infeksi Virus Influenza, terjadi dari Maret 1918 hingga Juni 1920. Sekitar 500 juta orang atau sepertiga populasi dunia terinfeksi Virus ini. CDC memperkirakan jumlah kematian mencapai 50 juta di seluruh dunia.

“Tak ada vaksin, upaya pengendalian terbatas pada isolasi, karantina, menjaga kebersihan, memakai disinfektan, dan pembatasan. Itu pun tidak merata," tulis CDC.

Kekebalan kelompok dari infeksi alami berisiko menimbulkan sakit parah bahkan kematian. American Heart Association bahkan mengatakan pemulihan infeksinya memakan waktu lama hingga hitungan bulan bahkan tahunan.

Bayangkan berapa banyak negara harus menanggung kerugian dengan menempuh cara ini.

Apakah Indonesia Herd Immunity?


Herd immunity itu sadis
Herd Immunity

Jika ditanya apakah Indonesia akan menerapkan Herd Immunity? Jawabannya adalah Tidak.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menegaskan, pemerintah tidak menggunakan strategi Herd Immunity.

"Pertanyaannya apakah kita pakai itu? Jawabannya tidak," ujar Yuri.

Ia juga memastikan, ke depannya strategi tersebut tidak akan digunakan.

"Tidak, tidak (ke depannya tidak digunakan)," lanjut dia.

Herd Immunity dan istilah New Normal yang digulirkan oleh pemerintah adalah dua hal yang berbeda.

"Kalau New Normal kan kalau nanti sudah dikurangi pembatasannya, maka kita akan mengadopsi perilaku hidup yang berbeda agar menekan risiko penularan virus, seperti selalu pakai masker, dan lain-lain. Itu pun akan dilakukan bertahap setelah pesyaratan pelonggaran terpenuhi," kata Pandu.

Ia tak yakin pemerintah akan menempuh opsi Herd Immunity. Apa alasannya?

"Kalau memang ada pembiaran secara sistematik agar banyak masyarakat terinfeksi, ya bisa dianggap seperti itu. Tetapi, itu tidak mungkin karena Herd Immunity hanya terjadi bila lebih dari 70-80 persen penduduk indonesia terinfeksi dan punya imunitas yang berhasil hidup," kata Pandu Riono.

Kesalahan Mengartikan Herd Immunity!

Kenapa bisa di Media Sosial tersebar kalau New Normal dan Herd Immunity sama?

Jawabannya adalah karena masyarakat di Indonesia masih kurang tentang edukasi, jadi lebih mudah untuk dipengaruhi.

So, jangan sampai kalian terprovokasi tentang Indonesia akan menerapkan Herd Immunity.

Sekian dari saya Selamat beraktivitas di era New Normal!.
Tri Kusuma Yulianto
Hay suka dengan tulisan saya? Traktir Kopi dong! Trakteer DISINI Kuy

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter