-->
× Penting!
Blog ini sedang dalam pemindahan Data ke CMS Lain, Guna meningkatan Pengalaman Membaca yang lebih menyenangkan.
Mohon Maaf Jika Terjadi Error Seketika, Terimakasih!^_^

Pencarian

Ad Unit (Iklan) BIG

RajaBackLink.com

10 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Pangkalan Bun Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Menarik Di Pangkalan Bun Yang Wajib dikunjungi


Tempat Wisata di Pangkalan Bun
Sungai Arut (SC FB: Drone Pangkalan Bun)

Tempat Wisata Di Pangkalan Bun - Beberapa Rekomendasi Wisata Di Pangkalan Bun. Selain memiliki susunan Kota yang rapi, Kota yang terletak di bagian selatan pulau Kalimantan ini menyimpan banyak tempat Wisata menarik yang bahkan sampai ke ranah Internasional.

Pangkalan Bun Kota yang memiliki julukan "Kota Manis" merupakan Ibukota dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah, seperti yang saya singgung di atas kota ini memiliki beragam tempat Wisata.

Kenapa kota ini disebut "Kota Manis"? Mungkin karena Sikap penduduk nya yang ramah, Kotanya yang bersih dan memiliki tempat Wisata menarik yang bagus untuk dikunjungi di kota Pangkalan bun.

Disini saya akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Pangkalan Bun yang wajib di Kunjungi mulai dari Wisata Alam kota Pangkalan Bun, Wisata buatan, Dan sebagainya. Sebelum lanjut kalian baca dulu Tips Traveling Di Era New Normal!.

Setelah kalian persiapkan semua yang di butuhkan untuk pergi wisata ke pangkalan bun silahkan di simak beberapa tempat yang sudah saya rangkum di bawah ini.

Tanpa berlama-lama lagi langsung saya bahas ini dia Tempat Wisata Di Pangkalan Bun yang wajib dikunjungi.

Beberapa Tempat Wisata Di Pangkalan Bun Yang Wajib Dikunjungi

1. Taman Nasional Tanjung Puting

wisata-menarik-di-pangkalan-bun-kalteng
Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat wisata pangkalan bun yang pertama adalah Taman Nasional Tanjung Puting atau biasa di sebut TNTP, tempat wisata yang satu ini mampu untuk bersaing di Pariwisata Internasional. Taman ini merupakan tempat konservasi Orangutan.

Taman Nasional Tanjung Puting memiliki luas sekitar 400.000 hektar. Bukan hanya Orangutan tetapi juga banyak Binatang lain yang ada di Taman Nasional Tanjung Puting seperti Monyet ekor panjang, Bekantan, Owa, Dan lainnya. Ada juga Burung khas Kalimantan.

Jika kalian menyukai Wisata Alam yang Natural, Taman Nasional Tanjung Puting ini cocok sekali untuk dikunjungi karena kalian akan dimanjakan dengan Pemandangan Hutan Hijau sepanjang perjalanan, dan saat perjalanan pulang kalian akan melihat Pemandangan Kunang-kunang yang indah, bahkan jika kalian beruntung bisa melihat Buaya Berjemur di pinggiran Sungai.

2. Tanjung Keluang


wisata menarik pangkalan bun
Tanjung Keluang

Tempat wisata pangkalan bun berikutnya yaitu Tanjung Keluang, Tanjung Keluang merupakan Tempat Konservasi Penyu, Khususnya Penyu sisik.

Kalian juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan pasir nya yang putih, Tanjung Keluang terletak di seberang Pantai Kubu.

Untuk sampai ke Tanjung Keluang kalian harus menyebrang menggunakan Klotok (sebutan kapal kecil disana) biayanya cukup terjangkau yaitu sekitar 30.000 sudah bisa PP, dan tiket masuk nya sekitar 10.000-15.000/orang nya

Cukup terjangkau untuk menikmati wisata alam yang cukup indah.

3. Gosong Senggora

Wisata Menarik Di Pangkalan Bun
Gosong Senggora
Tempat Wisata Pangkalan Bun berikut ini masih tergolong baru, Wisata bahari yang satu ini cukup mampu jika harus bersaing dalam Pariwisata Internasional selain Taman Nasional Tanjung Puting.

Di Gosong Senggora kita tidak hanya menikmati pasir putih nya saja, Kita bisa Snorkeling sembari melihat keindahan alam bawah lautnya, seperti terumbu karang, rumput laut, bahkan jika beruntung bisa melihat penyu berenang. Padang lamun, Padang lamun ini dipercaya adalah habitat Dugong atau Duyung.

Perjalanan menuju Gosong Senggora diperkirakan sekitar 1,5 Jam jika menggunakan Speedboat atau 3 jam jika menggunakan Perahu Nelayan dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Gosong Senggora menurut Para Guide adalah sekitaran bulan Juli dan Agustus, karena Angin dan ombaknya tidak terlalu kencang. Jadi bisa menikmati keindahan lebih lama lagi disana.

4. Pantai Kubu

Tempat menarik di pangkalanbun
Pantai Kubu

Tempat Wisata Pangkalan Bun yang satu ini merupakan salah satu Jalur yang digunakan untuk melakukan penyebrangan ke Tanjung Keluang.

Jadi setelah kalian Lelah dari Tanjung Keluang kalian bisa bersantai dan menikmati pemandangan yang Cukup indah di Pantai Kubu, ada taman dan kolam renang untuk anak juga disana.

Di Pantai Kubu juga ada tempat makan dengan menu Seafood. Jadi gak usah khawatir soal makanan, karena terdapat banyak sekali tempat-tempat makan disana.

Kalian bisa makan sambil menikmati Sunset saat sore hari, cocok ni buat yang suka berburu suasana Sunset di Pantai.

5. Pantai Teluk Bogam

tempat wisata pangkalan bun kalteng
Teluk Bogam

Selain Pantai Kubu, Tempat Wisata di Pangkalan Bun yan satu ini cukup populer dikalangan masyarakat, Karena selalu ramai Pengunjung saat akhir pekan ataupun Libur Panjang. Pengunjung yang datang pun beragam tidak hanya dari dalam kota, melainkan dari luar kota juga ada.

Berbeda dengan pantai kubu, di pantai Teluk Bogam ini sangat sedikit Tempat  makan dengan menu seafood, tetapi jangan khawatir banyak Warung yang menyediakan makanan instan ataupun makanan khas daerah Pangkalan Bun.

Teluk Bogam ini salah satu wisata pangkalan bun yang cukup menarik untuk dikunjungi karena kalian dapat menikmati Sunset dan Sunrise di pantai ini. Selain airnya yang cukup biru kehijauan pemandangan nya pun cukup indah.

Tempat wisata pangkalan bun yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat ngecamp.

6. Taman Kota Pangkalan Bun

wisata kuliner pangkalan bun kalteng
Taman Kota Pangkalan Bun Drone view (SC fb: Drone Pangkalan Bun)

Setelah lelah dari pantai kalian bisa mengunjungi Alun-Alun kota Pangkalan Bun, tempat wisata Pangkalan Bun berikut ini bisa dibilang merupakan wisata sejarah.

Monumen Palagan Sambi yang terletak di Taman Kota Pangkalan Bun ini cukup menarik dan membuat penasaran, Karena ada Pesawat RI-002 yang digunakan untuk Perang melawan penjajah pada masa lalu.

Dan juga Ada Tugu Pancasila, Karena di Pucuk atas ada patung Garuda yang berisi Sila-sila Pancasila, biasanya disebut "Bundaran Pancasila".

Di alun-alun kota Pangkalan Bun terdapat banyak jajanan yang bisa kamu pilih mulai dari yang khas seperti Kerupuk Basah, sampai Cafe-cafe Hits yang bisa kamu kunjungi. Atau bahkan kamu bisa mengunjungi Mall yang terletak di selatan Alun-alun kota Pangkalan Bun.

Taman ini buka 24jam tetapi disarankan untuk mengunjungi saat Sore hari atau Malam Hari karena Akan ramai orang berjualan disana, dan juga fasilitas yang jarang ada di taman kota pada umumnya yaitu kalian dapat menggunakan Free WiFi.

7. Istana Kuning


wisata sejarah pangkalan bun
Istana Kuning

Walaupun namanya "Istana Kuning" tetapi bangunan nya tidak berwarna Kuning, bisa dibilang warna Alami karena Istana Kuning ini dibangun menggunakan Kayu Ulin.

Tempat Wisata Pangkalan Bun yang satu ini merupakan salah satu Icon yang menjadikan kota ini menarik, Nama " Istana Kuning " diambil dari salah satu pintu masuk ruangannya yang bernama " Dalam Kuning ". Konon katanya, kayu yang dijadikan bahan pembuatan pintunya dulu memang berwarna kuning.

Disini Kita dapat menikmati keindahan pemandangan Kelurahan Raja dan Sungai Arut bahkan Hutan, karena Istana Kuning berada di atas bukit tetapi tidak terlalu tinggi. Selain itu terdapat Taman yang bagus di Istana Kuning.

8. Sungai Arut


Wisata sungai arut Pangkalan Bun
Sungai Arut

Tempat wisata di Pangkalan Bun yang menarik dikunjungi selain pantai yaitu Sungai Arut. Kegiatan seru yang bisa kita lakukan di tempat wisata ini adalah menyusuri sungai dengan getek.

Beberapa hal menarik yang bisa kita lihat selama menyusuri Sungai Arut, yaitu melihat aktivitas warga disekitar sungai, melihat bekantan dipinggiran sungai, dan menyaksikan sunset dari atas Sungai Arut.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan sekitar 50.000 Rupiah untuk sekali perjalanan. Dan jangan lupa juga mampir ke beberapa warung makan di pinggir sungai untuk mencicipi beberapa makanan khas Kota Pangkalan Bun.

Ada juga Spot Foto Sungai Arut yang menarik, seperti Kampung Pelangi.

9. Pasar Indra Kencana

Wisata Pangkalanbun
Pasar Indra Kencana

Sebenarnya ini bukan Tempat Wisata Pangkalan Bun, melainkan hanya Pasar Tradisional tetapi juga cukup modern jika dilihat.

Nah buat kalian yang ingin berburu Oleh-oleh khas Pangkalan Bun, ataupun oleh-oleh khas Kalimantan Tengah kalian bisa mengunjungi pasar Indra Kencana.

Pasar ini buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB banyak kok oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang terdapat disana.

10. Pasar Indrasari


Wisata Kuliner pangkalanbun
Pasar Indra Sari

Selain pasar Indra Kencana, tempat untuk berburu oleh-oleh khas Pangkalan Bun ataupun oleh-oleh khas Kalimantan tengah lainnya adalah Pasar Indrasari.

Karena sepanjang jalan akan ada banyak toko-toko yang menjual souvernir dan berbagai oleh oleh khas seperti batu kecubung, mandau khas kalimantan, miniatur kapal, dan berbagai aksesoris lainnya.

Dan perlu di ingat untuk melakukan perjalanan wisata di Indonesia ataupun ke luar negeri, kalian harus memiliki imun tubuh yang kuat. Dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti yang dibahas pada artikel berikut ini

Penutup Rekomendasi Wisata di Pangkalan Bun

Nah Tadi itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di kota Pangkalan Bun yang menarik untuk dikunjungi, jadi bagaimana tertarik untuk mengunjungi Kota Manis Pangkalan Bun?

Referensipikniktoday.com

Tri Kusuma Yulianto
Hay suka dengan tulisan saya? Traktir Kopi dong! Trakteer DISINI Kuy

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter