-->
× Penting!
Blog ini sedang dalam pemindahan Data ke CMS Lain, Guna meningkatan Pengalaman Membaca yang lebih menyenangkan.
Mohon Maaf Jika Terjadi Error Seketika, Terimakasih!^_^

Pencarian

Ad Unit (Iklan) BIG

RajaBackLink.com

Apa itu Wibu dan Apa itu Otaku? Perbedaan Antara Wibu Dan Otaku!

Apa itu wibu? Lebih parah dari otaku? Ini penjelasan Wibu dan Otaku!

Arti wibu dan otaku serta perbedaannya
Apa itu Wibu

Ruang Digital - Wibu? Apakah kamu seorang wibu? Dasar Wibu Bau Bawang! Wibu nolep sok keras! Suka kok sama 2d! Hih Wibu Tomlol!.

Pernah gak kamu di kata-kata in kaya gitu sama temanmu? Mungkin aja mereka nganggap kamu itu Jiwa Wibu nya terlalu berlebih-lebihan.

Buat kalian yang suka bilang Wibu dan sebagainya, kalian tau nggak makna kata wibu? Masa iya sering bilangin orang wibu tapi gatau apa itu arti wibu.

Sebelum bilangin teman kalian wibu kalian harus tau dulu apa itu wibu yang sebenarnya.

Perbedaan Antara Wibu Dan Otaku

Apa itu Wibu?

Sebenarnya orang yang suka nonton anime atau baca manga Jepang engga bisa disebut sebagai Wibu, Makna kata wibu sendiri memiliki arti yang lebih dalam dibandingkan dengan hanya menonton anime atau baca manga jejepangan.


Kata wibu diambil dari Bahasa Inggris yaitu "weeaboo" yang memiliki makna orang-orang non-Jepang yang memiliki obsesi atau ketertarikan yang berlebihan terhadap budaya jejepangan seolah-olah mereka adalah orang Jepang yang tinggal di Jepang.

Mereka dianggap tidak bisa menghargai kebudayaan mereka sendiri, istilah kata wibu ini sinonim dengan kata japanofilia.

Arti kata Wibu
Arti Kata Wibu (quora.com)


Kata weeaboo berasal dari cuplikan komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch yang waktu itu tidak memiliki makna sama sekali.

Pada pertengahan tahun 2000an, berawal dari sebuah forum yang bernama 4chan, kata wibu ini menggantikan istilah wapanese atau wanna be Japanese sebagai ejekan kepada orang-orang yang maniak kepada segala hal yang berbau Jepang.

Jadi Kata Wibu bukanlah kepanjangan dari kata apapun melainkan hanya sebuah bahasa serapan, mungkin biar lebih mudah disebut. Oke lanjut

Ciri-ciri Seorang Wibu

 
Apa saja Ciri-ciri seorang Wibu? Tentu saja ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengetahui ciri-ciri Seorang Wibu.

1. Terobsesi dengan kebudayaan Jepang secara berlebihan


Wibu adalah
Ciri-ciri Wibu 1

Ciri- ciri seorang Wibu Yang pertama, jelas sekali ia sangat gemar memberitahu kegemarannya terhadap kebudayaan Jepang. Ia juga tidak akan merasa malu akan hal tersebut.

Tidak hanya menyukai kebudayaan Jepang, mereka pun tidak segan untuk berbusana (cosplay) seperti orang Jepang dan menggunakan bahasa Jepang untuk berbicara dengan orang lain entah itu teman atau keluarga.

Kamu pasti juga sering ketemu sama orang-orang yang sering menggunakan kata watashi, anata, ohayou, konnichiwa, konbanwa, arigatou, Eto, daijoubu, sampai gomennasai.

2. Suka Nonton Anime dan Hal Berbau Jepang Lainnya


wibu itu apa
ciri-ciri Wibu 2

Sering maraton nonton Anime dan Baca Manga. Iya kalau cuma baca Anime sama Manga belum bisa disebut wibu karena hanya suka saja tidak berlebihan, karena kebanyakan atau rata-rata Para Wibu itu tercipta setelah mereka nonton Anime dan merasa terbawa suasana hingga berakting seperti karakter yang berada dalam Anime. tetapi kalau ciri-ciri nya sama seperti yang disebutkan di artikel ini, Fix itulah sifat Wibu.

Karena kebanyakan orang menganggap sifat mereka (wibu) aneh, seringkali seorang wibu lebih memilih untuk mengurung diri atau biasa disebut "No Life" dan kemudian diplesetkan menjadi "Nolep".

3. Terobsesi Berlebihan Dengan Karakter Anime


apa itu wibu
Ciri-ciri Wibu 3

Jika sudah sampai tingkat Akut, wibu akan sangat-sangat terobsesi dengan karakter anime favoritnya. Tidak sedikit wibu yang akan menganggap karakter anime kesayangannya sebagai waifu atau husbando-nya.

Mereka berfantasi seolah-olah karakter tersebut benar-benar hidup di dunia nyata. Bagi mereka, karakter anime adalah sosok yang sempurna untuk dijadikan sebagai pasangan hidup, bahkan ada yang menikah dengan Boneka. Duh menyedihkan.


Selain itu, ada sebuah fenomena di Jepang yang disebut sebagai sindrom kelas 8 di mana penderitanya menganggap dirinya memiliki kekuatan super. Mereka terinspirasi dari anime-anime fantasi yang mereka tonton.

4. Sering Memasang Foto Profil Dengan Karakter Anime


wibu indonesia
Ciri-ciri Wibu 4

Seorang Wibu biasanya memiliki kepercayaan diri yang Rendah, walaupun gak semua. Sehingga untuk menampilkan wajahnya di foto profil mereka merasa minder karena menganggap mereka kurang menarik.

Dan juga biasa disebabkan karena mereka jarang berinteraksi dengan orang lain sehingga membuat kepercayaan diri mereka turun dan tidak percaya diri akan penampilan dirinya. Atau karena mereka memang fanatik dengan karakter yang disukainya.

Kemungkinan hal itulah yang menyebabkan kenapa Wibu memasang foto profil Anime. Dan juga kadang mereka mengubah nama mereka menjadi Huruf Jepang.

Kebanyakan sosok Wibu ini sangat keras di dunia Maya tetapi jika bertemu langsung mereka akan langsung melempem seperti kerupuk basah.

5. Suka Mengurung Diri Adalah Ciri-ciri Wibu Akut


wibu adalah
Ciri-ciri Wibu 5

Mereka para Wibu yang berada di level atas biasanya akan menganggap dunia luar membosankan dan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, sehingga lebih nyaman untuk berada di ruangan atau didalam rumah menghabiskan waktu nya dengan Menonton Anime.

Kemungkinan mereka keluar hanya mengikuti acara-acara event jejepangan di kota-kota besar dengan kostum cosplay nya, dan membawa barang-barang yang berkaitan dengan karakter Anime atau Manga sebagai penghias diri.

Tentu saja mereka juga punya merchandise jejepangan yang berkaitan dengan Anime atau Manga Favorit mereka.

Kemungkinan besar mereka sama sekali tidak peduli dengan adanya Pandemi Covid-19 yang sekarang sedang melanda, karena mereka sudah terbiasa untuk diam dirumah.

6. Suka Dengan Musik atau Drama Jepang


Dan ciri-ciri seorang Wibu lainnya adalah, mereka juga senang mendengarkan lagu-lagu Jepang, menonton Film atau Drama Jejepangan. Intinya mereka memiliki obsesi yang berlebihan terhadap Jepang.

wibu itu apasih
Ciri-ciri Wibu 6

Apa itu Wibu dan bagaimana seseorang bisa menjadi wibu?


Meskipun seorang wibu itu memiliki ciri-ciri yang kita anggap cukup aneh, sebaiknya kita jangan langsung menghakimi mereka dengan sikap yang negatif.


Bisa jadi mereka menjadi wibu karena memiliki alasan yang cukup menyedihkan, seperti sering mendapatkan perundungan dari teman-teman sekolahnya.

Dan karena trauma, mereka jadi mengurung diri di rumah lebih memilih untuk menonton anime untuk mengisi waktu kosong mereka. Ada juga alasan lain yang mungkin karena mereka berasal dari keluarga broken home sehingga menjadikan anime ini sebagai pelarian.

Jadi kalau kalian punya temen wibu jangan langsung di judge negatif karena mereka juga punya perasaan, tunjukin kalo semua manusia itu engga jahat. Atau jika kamu seorang Wibu Akut cobalah untuk berinteraksi dengan teman sekitar supaya lebih normal.

Apa itu Otaku?


Perbedaan Wibu dan Otaku
Perbedaan Wibu dan Otaku

Istilah kata Wibu dan Otaku terlalu sering dicampurkan sehingga mereka menganggap bahwa ini adalah sama, perlu di ingat bahwa Wibu dan Otaku ini sebenarnya sangat Berbeda.

Otaku merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang ditujukan bagi orang-orang yang menekuni suatu hal secara mendalam. Maknanya menjadi positif jika ditujukan kepada orang yang menekuni suatu bidang hingga menjadi pakar atau seorang ahli.

Sedangkan makna negatifnya, ditujukan kepada orang-orang yang terlalu fanatik kepada suatu hal (seperti anime, baca manga, game) hingga ia kurang mampu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Perbedaan Wibu dan Otaku

Bisa dibilang untuk perbedaan Wibu dan Otaku dalam pandangan negatifnya seperti ini:

Otaku merupakan sebutan untuk orang yang terobsesinya secara berlebih-lebihan dengan hal yang berbau jejepangan seperti Anime, Manga, Musik, dan Game yang berbau Anime. Tetapi di tujukan kepada orang Jepang Asli.

Wibu Merupakan sebutan untuk orang-orang non-Jepang yang terobsesi secara berlebih-lebihan terhadap budaya Jepang seperti Anime, Manga, dan Game, sehingga mereka bersifat seperti orang Jepang asli.

Jadi inti dari perbedaan Wibu dan Otaku adalah, Wibu ditujukan kepada orang Non-Jepang dan Otaku ditujukan kepada Orang Asli Jepang.

Sampe sini paham?

Kenapa Wibu dipanggil Bau Bawang


Arti kata wibu nolep
Kenapa Wibu Bau Bawang

Biasanya seorang Wibu sering dipanggi Wibu bau Bawang, kenapa demikian? Sebenernya kata wibu bau bawang ini dipopulerkan oleh Youtuber Ericko Lim dan ditujukan kepada Orang-orang yang maniak terhadap kebudayaan Jepang, termasuk Anime dan Manga.

Bau Bawang muncul karena Wibu dianggap jarang mandi, karena mereka sering maraton nonton Anime berhari-hari sampai jarang mandi sehingga menimbulkan bau badan seperti bau bawang.

Selain itu istilah Wibu bau Bawang muncul karena setiap ada Event jejepangan, para Wibu berkumpul sampai-sampai membuat aroma yang tidak sedap.

Penutup


Itulah Pembahasan kita mengenai Arti kata Wibu dan otaku beserta penjelasan dan perbedaannya, ingat semua yang berlebihan itu tidak baik. 

Termasuk kamu yang gemar dengan budaya Jepang, boleh ngewibu tapi jangan fanatik sampai-sampai merendahkan budaya di negeri sendiri.

Jadikanlah kesukaan itu menjadi hal untuk Belajar, seperti mempelajari budaya serta bahasa Jepang. 

Seperti Video Berikut ini:



Sekian dulu ya gan saya cape:v, setidaknya kalian tau arti kata wibu, dan arti kata otaku. Serta perbedaan antara Wibu dan otaku.

Have a nice day!




Tri Kusuma Yulianto
Hay suka dengan tulisan saya? Traktir Kopi dong! Trakteer DISINI Kuy

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter