-->
× Penting!
Blog ini sedang dalam pemindahan Data ke CMS Lain, Guna meningkatan Pengalaman Membaca yang lebih menyenangkan.
Mohon Maaf Jika Terjadi Error Seketika, Terimakasih!^_^

Pencarian

Ad Unit (Iklan) BIG

RajaBackLink.com

Obat Herbal Indonesia Manjur Untuk Obati Pasien Covid-19, Akan diteliti IAI!

Obat Herbal Covid Indonesia


Obat Herbal
Ilustrasi Obat Herbal Indonesia

Ruang-Digital.My.Id - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin bertambah seiring waktu, Tentu saja ini adalah kesalahan dari masyarakat yang kurang peduli dengan aturan-aturan dari Pemerintah Pusat.

Bahkan dalam 1 hari Indonesia bisa mencatat sampai 1000 kasus, gila nggak tuh. Tetapi Indonesia memiliki Obat Herbal yang diperkirakan mampu melawan Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia).

Ya Obat Herbal ini adalah Jamu, Jamu dari Indonesia yang manjur untuk mengobati pasien Covid-19 akan diteliti oleh IAI(Ikatan Apoteker Indonesia

Obat Herbal Indonesia Manjur Untuk Obati Pasien Covid-19


Prof Dr dr Keri Lestari, Apt, MSi dari Satgas Covid-19 PP IAI mengatakan bahwa saat ini mereka telah menyerahkan tiga proposal penelitian kepada Kemenristek/BRIN. Dua di antaranya yang merupakan penelitian tentang jamu yang diharapkan bisa menjadi obat fitofarmaka.

Dalam Proposal yang diajukan berisi tentang dua buah produk yaitu TehDia dan VipAlbumin. TehDia yang mengandung Camellia sinensis dan Stevia yang diketahui memiliki aktivitas farmakologi sebagai antidiabetik, antihipertensi, antihiperlipidemia, antiobesitas, antikanker, antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antivirus, bahkan mampu meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Sedangkan VipAlbumin adalah ekstrak dari Ikan Gabus yang memiliki aktivitas farmakologi sebagai antiinflamasi, berguna untuk menurunkan sitokin proinflamasi.

Tiga Proposal tersebut sudah dikirimkan untuk ikut serta dalam program Konsorsium Riset dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Program ini merupakan salah satu dari upaya pemerintah untuk mengakselerasi
pengembangan riset dan inovasi teknologi di Indonesia. 

Obat Herbal
Ilustrasi Obat Herbal Indonesia


Ketua Umum PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, mengatakan jika potensi alam Indonesia yang sangat kaya merupakan modal utama pengembangan obat herbal asli Indonesia.

"Rasanya salah jika bangsa kita ini tidak menggunakan jamu atau produk berbahan alam Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan imunitas diri kita. Ini jelas potensi alam kita, jelas warisan leluhur bangsa kita, maka seharusnya kitalah yang memanfaatkan dan menjunjung tinggi warisan leluhur kita," ucapnya.

Jadi diharapkan Indonesia mampu bersaing untuk mengatasi Covid-19 dengan Bahan Alam atau Obat Herbal yang tercipta dari alamnya yang dapat diolah menjadi jamu tradisional atau obat untuk kekebalan tubuh.

Tetapi Jamu Indonesia atau Obat Herbal Indonesia ini masih dinilai kalah dengan Obat Herbal dari Tiongkok. 

Sudah saatnya Pemerintah Indonesia mengangkat martabat jamu tidak dalam tataran lip service tetapi langkah nyata membina perusahaan jamu supaya dapat bersaing dengan negara lain, meregulasi perusahaan jamu dan berpihak kepada jamu, termasuk mendorong dan membiayai uji klinik jamu sehingga mendapatkan evidence-based untuk pengobatan yang bisa dijajarkan dengan sediaan farmasi atau obat-obatan.



Source: Suara.com




Tri Kusuma Yulianto
Hay suka dengan tulisan saya? Traktir Kopi dong! Trakteer DISINI Kuy

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter