-->
× Penting!
Blog ini sedang dalam pemindahan Data ke CMS Lain, Guna meningkatan Pengalaman Membaca yang lebih menyenangkan.
Mohon Maaf Jika Terjadi Error Seketika, Terimakasih!^_^

Pencarian

Ad Unit (Iklan) BIG

RajaBackLink.com

10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

1 comment

Rekomendasi Wisata Jawa Tengah Terbaik Untuk Di Kunjungi


Rekomendasi wisata Di Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah - Pengen jalan-jalan ke Jawa Tengah tapi bingung mau ke kota mana? Tenang aja saya akan memberikan beberapa Tempat Wisata menarik di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Mungkin beberapa diantaranya adalah Wisata Jawa Tengah Terbaru.

Setelah lama dirumah aja pastinya jenuh sekali serasa ingin berpergian keluar kota/provinsi untuk refreshing.

Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang kaya akan Tempat Wisatanya, Jawa Tengah Berbatasan Langsung dengan provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang juga menyimpan banyak wisata terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Pangkalan Bun

Di artikel kali ini kita akan lebih fokus membahas tentang Wisata Jawa Tengah, yang sudah saya rangkum dan mengambil destinasi terbaik di Jawa Tengah. Langsung kita lanjut!

Rekomendasi Wisata Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

1. Candi Borobudur - Magelang


candi Borobudur
Wisata Jawa Tengah ( Candi Borobudur )

Candi Borobudur merupakan Icon Wisata Jawa Tengah yang cukup terkenal, terletak di kota Magelang, 40km arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha di masa lampau.

Selain Candi Buddha terbesar di dunia Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang ini masih terjaga keasliannya.

Untuk bisa menikmati jejak sejarah yang sungguh menawan ini, untuk biaya tiket masuk bisa lihat ini:

Pelajar atau Anak (Lokal)Rp 25000
Dewasa (Lokal)Rp 5000
Pelajar atau Anak (Luar Negeri)USD 15$
Dewasa (Luar Negeri)USD 25$

2. Kepulauan Karimunjawa - Jepara


Kepulauan Karimunjawa
Wisata Jawa Tengah ( Karimunjawa )

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu Kecamatan yang berapa di kota Jepara, Tempat wisata di Jawa Tengah bagian Utara ini bahkan berhasil menarik Wisatawan Mancanegara dengan Keindahan Surga Bawah Lautnya.

Taman Nasional Karimun Jawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Selain memiliki garis pantai yang indah, tempat wisata ini juga punya kekayaan laut yang begitu luar biasa, mulai dari ikan, terumbu karang, pulau-pulau kecil yang indah dan lainnya.

Di sini Kamu bisa melakukan beragam aktivitas yang seru dan menyenangkan, seperti menyelam, berenang, memancing, snorkeling, atau sekadar bermain pasir di pantai. Tidak hanya itu, Kamu juga akan dibuat betah dengan keramahan penduduk setempat.

Jika kamu mencari Wisata Jawa Tengah Pantai, Kabupaten Jepara merupakan pilihan yang cocok untuk dikunjungi karena memiliki banyak Pantai yang indah.

3. Kota Lama - Semarang

Kota Lama
Wisata Jawa Tengah ( Kota Lama )

Di sini, Kamu bisa menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi.

Kota Lama Semarang ini juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota yang ada di Belanda.

Kamu bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan.

4. Dataran Tinggi Dieng - Wonosobo


Dataran Tinggi Dieng
Wisata Jawa Tengah ( Dataran Tinggi Dieng )

Tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini tidak boleh dilewatkan, karena memiliki Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, Tempat itu adalah Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau yang terletak di Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: 5 Of Best Travel Recommended In Jepara

Dieng Plateau merupakan daerah sejuk yang berada di ketinggian ±2.000 mdpl, tepatnya 30 km dari pusat Kota Wonosobo.

Di tempat wisata Jawa Tengah ini, ada sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif. Selain udaranya sejuk dan pemandangannya sangat indah, pengunjung juga bisa melihat sebuah candi Hindu yang terletak di sekitar lokasi.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Kamu yang suka muncak dan ngecamp di gunung. Hampir Setiap harinya, ada banyak pecinta alam yang mendaki dan mendirikan tenda di atas.

Tiga objek wisata atau landmark paling memikat yang bisa kamu saksikan di Dataran Tinggi Dieng antara lain yaitu Bukit Sikunir, Telaga Warna, dan Sumur Jalatunda yang mana masing-masing objek mempunyai legenda yang sangat menarik.

5. Lawang Sewu - Semarang


Lawang Sewu
Wisata Jawa Tengah ( Lawang Sewu )

Kembali lagi ke wisata Semarang, Kamu juga bisa mengunjungi bangunan peninggalan zaman kolonial di Lawang Sewu. Bangunan ini Bernama Lawang Sewu bukan berarti memiliki 1000 Pintu, Tetapi karena bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang cukup banyak.

Zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Kamu akan dihibur dengan miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu ketika malam hari. Kalau kamu suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan kuno ini ketika hari sudah malam.

Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan lainnya.

Dan juga, Di depan Lawang Sewu terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru kalau dikunjungi saat malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.

6. Kampung Batik Laweyan - Solo


Kampung Batik Laweyan
Wisata Jawa Tengah ( Kampung Batik Laweyan )

Buat kamu yang suka berburu dan mengoleksi batik, sangat disarankan untuk mengunjungi Kampung Batik Laweyan yang usianya sudah tidak muda lagi. Bahkan dibandingkan dengan Keraton Kasunanan pun masih lebih tua tempat ini dan batiknya pun sudah sejak lama eksis, yaitu dari masa kekuasaan Kerajaan Pajang sekitar abad ke-16 di Jawa Tengah.

Ketika memasuki area Kampung Batik Laweyan, Kamu akan dikejutkan dengan arsitektural Eropa yang sangat berkesan. Bangunan-bangunan rumahnya benar-benar impresif seperti berada di Eropa, Dimana bangunannya sangat kokoh dan megah. Yang diketahui dulunya dihuni oleh saudagar-saudagar batik.

Harga batik yang ditawarkan pun bervariasi, dibanderol mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu untuk batik cap, dan jutaan rupiah untuk batik tulis.

7. Keraton Kasunanan Surakarta - Solo


Keraton Kasunanan
Wisata Jawa Tengah ( Keraton Kasunanan Surakarta )

Wisata Jawa Tengah berikut ini masih berada di kota Solo, sama halnya dengan Yogyakarta. Jawa Tengah juga memiliki keraton tepatnya di Surakarta yang dikenal dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Ini adalah peninggalan rasa Islam di jaman dulu.

Baca Juga: Traveling atau Travelling? Mana kata yang benar

Keraton ini dibangun pada tahun 1744 oleh Paku Buwana II. Di sana, Kamu dapat menjumpai berbagai macam barang dari peninggalan keraton dan fragmen berbagai candi di Jawa Tengah.

Panggung Sanggabuwana merupakan bagian keraton yang sarat dengan nilai sejarah dan mistis. Konon, di tempat ini Susuhan melakukan semedi dan bertemu Nyi Roro Kidul.

8. Grojogan Sewu Tawangmangu - Karanganyar


Grojogan Sewu
Wisata Jawa Tengah ( Grojogan Sewu Tawangmangu )

Di kabupaten ini ada sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini paling pas dikunjungi saat musim penghujan. Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun terlihat makin megah. Banyak juga fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, di tempat wisata Jawa Tengah ini mata Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau.

Tapi kalian harus berhati-hati ketika berkunjung kesini, karena banyaknya monyet yang berkeliaran diharapkan menyimpan barang berharga se aman mungkin. Karena jika lengah sedikit saja kita akan kehilangan.

9. Umbul Ponggok - Klaten


Umbul Ponggok
Wisata Jawa Tengah ( Umbul Ponggok )

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang Konsepnya mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala hiasan lainnya.

Tidak hanya bermain air, Kamu juga bisa menyelam sembari berpose di dalam air. Saking indahnya tempat wisata di Jawa Tengah ini, Tidak sefikit calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding.

Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan dan pengunjungnya didominasi oleh kalangan anak muda. Kalau Kamu ingin berfoto di sini, tak perlu repot membawa segala macam properti, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya, mulai dari sepeda motor, laptop, sampai tenda.

10. Pulau Panjang - Jepara


Pulau Panjang
Wisata Jawa Tengah ( Pulau Panjang )

Kembali ke Jepara, Destinasi wisata Jawa Tengah yang terakhir adalah Pulau Panjang, Pulau Panjang sendiri terletak bersebrangan dengan Pantai Kartini. Mungkin ini lebih masuk ke kategori Wisata Pantai di Jawa Tengah.

Jika kalian suka hawa yang sunyi dan ingin menikmati ketenangan, wisata di Jepara Jawa Tengah ini sangat cocok untuk dikunjungi. Wisata Jawa tengah yang satu ini biasanya di gunakan untuk Tempat Camping, dan Ziarah.

Baca Juga: Traveling

Untuk Kepulau Panjang kalian hanya membutuhkan waktu ±30 menit dari Pantai Kartini, untuk biayanya 20.000 rupiah. Menggunakan perahu waktu saya terakhir kesana. Ya enggak lama-lama banget si baru beberapa bulan yang lalu.

Di sini kalian bisa menikmati Pemandangan yang indah, Laut yang Biru dan Bening, Berenang, memancing, dan masih banyak lagi.

Penutup

Nah tadi itu merupakan Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terbaik menurut saya, mungkin salah satunya bisa kalian masukan kedalam List Wisata Jawa Tengah saat akan berpergian.

Oke cukup sekian dulu untuk rekomendasi wisata menarik di Jawa Tengah nya, untuk selanjutnya akan saya Update part 2 nya.

Selamat Berwisata!

Referensi:anekatempatwisata.com

Tri Kusuma Yulianto
Hay suka dengan tulisan saya? Traktir Kopi dong! Trakteer DISINI Kuy

Related Posts

1 comment

  1. Tempat - tempat yang sangat indah seperti sedang dalam mimpi

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter